Minggu, 28 Desember 2014

Mutiara Qolbu Indonesia Foundation









   Sekretariat : 

   Jl. Komaruddin No. 60 A, RT/RW 03/05  Kel. Penggilingan, Kec. Cakung,

   jakarta  Timur . Telp. ( 021 )  91309702                                                             








YAYASAN MUTIARA QOLBU INDONESIA

I.        M U K A D I M A H
Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan Perkataan yang benar.” Redaksi ayat tersebut termaktub didalam Q.S An-Nisa` ayat 9, menegaskan agar kita peduli dengan keberlanjutan generasi penerus yang tidak lemah, akan tetapi generasi yang kuat baik dalam hal pendidikan maupun ekonomi, baik ruh maupun jasmani , baik materi maupun imateri dan kuat dalam segala hal karena mereka kelak akan melanjutkan kehidupan ini, ditangan merekalah masadepan bangsa ini dipertaruhkan, membiarkan mereka lemah dalam segala hal berarti kita ikut andil menghancurkan masadepan kehidupan ummat, demikian pula sebaliknya ketika kita peduli terhadap mereka maka apa yang kita lakukan demi mewujudkan masa depan mereka baik dalam bidang sosial, pendidikan, ekonomi maupun yang lainnya maka ini akan menjadi catatan amal jariah yang akan terus mengalir tiada putus-putusnya.
Keturunan yang dimaksud ayat tersebut tidak semata bermakna anak yang mempunyai pertalian darah, akan tetapi keturunan dalam arti kata yang seluas-luasnya. Anak-anak yatim, anak-anak terlantar, anak-anak dhu`afa, anak –anak jalanan pun dapat dikategorikan dalam ayat tersebut.
 Didalam UUD 1945 Pasal 34 ayat (1) disebutkan bahwa fakir miskin dan anak – anak terlantar dipelihara oleh Negara”. Maka secara tidak langsung dapat dikatakan bahwa semua orang miskin dan anak-anak terlantar pada prinsipnya dipelihara oleh negara, tetapi pada kenyataannya yang ada di lapangan bahwa tidak semua Orang miskin dan anak terlantar dipelihara negara. Penanganan masalah anak merupakan masalah yang harus dihadapi bukan hanya pemerintah saja,tetapi juga setiap orang yang berada dekat anak tersebut harus dapat membantu pertumbuhan anak dengan baik. Untuk itu sebagai bagian dari komponen bangsa kita harus ikut andil dan bertanggungjawab dalam upaya membangun karakter yang kuat bagi generasi-generasi tersebut agar tumbuh menjadi generasi yang tangguh,menjadi generasi yang kuat baik jasmani mahupun rohani,beriman dan bertakwa, berkualitas, bermartabat, mandiri ,bertanggungjawab dan punya kesadaran yang tinggi terhadap bangsa dan negaranya. Maka dari generasi inilah kelak kita harapkan tampil menjadi pemimpin yang baik.

Syarat pemimpin yang baik adalah pemimpin yang berilmu pengetahuan (ulil albab), berakhlaqul karimah dan memiliki jiwa kepemimpinan. Pendidikan keimanan adalah sebagai penanaman pondasi dan tanggung jawab, pendidikan fisik atau jasmani merupakan persiapan dan pembentukan, dan pendidikan moral merupakan penanaman dan pembiasaan. Sedangkan pendidikan rasio atau akal merupakan penyadaran, pembudayaan, dan pengajaran. Keempat pendidikan tersebut saling berkaitan erat dalam proses pembentukan karakter pendidikan secara integral dan sempurna, untuk membangun generasi  menjadi manusia yang konsisten dan siap melaksanakan kewajiban, rísalah dan tanggung jawab nya.
Alangkah indahnya iman jika dibarengi dengan pemikiran yang cerdas, dan alangkah mulianya akhlak jika dibarengi dengan kesehatan fisik. Generasi Umat ini tak kan lagi menjadi bagian dari kumpulan manusia yang hanya tampak banyaknya saja namun seperti buih dilautan akan tetapi mereka adalah generasi yang mengedepankan fi`lul khoirat (karya nyata) dalam hidupnya dengan pondasi keimanan dan ketaqwaan yang kokoh dan matang. Hal ini menjadi sebuah beban yang berat jika upaya penyiapan pembinaan generasi ini hanya dilakukan oleh segelintir orang namun akan terasa lebih ringan dan indah jika dilaksanakan secara berjamaah dan melibatkan semua unsur yang bertanggung jawab atas kondisi generasi penerus bangsa, baik dari pihak masyarakat yang memiliki keperdulian pada pembinaan nya, lembaga pemerintahan, ulama serta semua unsur pendidikan dan lembaga umat yang bekerjasama dan mengutamakan ketauhidan didalamnya.
YAYASAN MUTIARA QOLBU INDONESIA didirikan dan dilatarbelakangi dari keprihatinan terhadap kondisi generasi bangsa yang masih dalam keadaan lemah, banyak yang putus sekolah dikarenakan biaya, belum terbinanya mental anak-anak yang sudah tidak ada bimbingan orangtua, belum lagi kondisi lingkungan yang tidak kondusif, kian hari kian banyak yang sudah tak lagi menunjukan kebanggaan terhadap bangsa dan agamanya, gelombang modernisasi dengan globalisasinya kian memberikan ruang yang amat luas pada generasi negeri dan umat ini untuk mengakses banyak hal dari luar, yang sayangnya ternyata lebih banyak pengaruh negatif yang diikuti dari pada efek positif yang ditauladani. hal ini lah yang mendasari didirikannya YAYASAN MUTIARA QOLBU INDONESIA.
YAYASAN MUTIARA QOLBU INDONESIA berdiri sejak tahun 2009 dan pertama bernama YAYASAN BINA RUHAMAH INDONESIA, setelah menjalankan kegiatan selama 5 tahun dan berdasarkan kesepakatan bersama baik Dewan Pembina yang masih ada dan sebagian pengurus yang masih konsisten peduli dengan masa depan generasi bangsa  maka dianggap perlu untuk merubah Yayasan dan restrukturisasi kepengurusan agar ke depan dengan sempurnanya struktur kepengurusan, Yayasan dapat menoptimalkan seluruh kegiatannya dan menyempurnakan seluruh program yang dicanangkan. Perubahan nama MUTIARA QOLBU INDONESIA diharapkan dari yayasan ini akan lahir mutiara-mutiara yang  akan menjadi daya tarik serta mempunyai nilai yang berharga, sehingga mampu menjadi dambaan masyarakat, bangsa dan negaranya sedap dipandang, bangga jika kita mengenakannya bermakna kehadiran generasi mutiara menjadi kebanggaan masyarakat, bangsa dan negaranya. Generasi mutiara merupakan generasi yang mumpuni, terbentuk dalam proses pematangan yang sempurna. amiin


PROFIL YAYASAN



II.        NAMA YAYASAN  DAN  BADAN HUKUM

  Nama   
  Mutiara Qolbu Indonesia Foundation (MQIF)
Legalitas
Akte Notaris Raden Uke Umar Rachmat, S.H.MKn No.21 Tgl.17 Desember 2014
   SK MENKUMHAM  RI No. AHU-11198.50.10.2014 Tgl. 24 Desember 2014
                                
III.        A  L  A  M  A  T

Sekretariat
Jl. Komaruddin No. 60 A, RT/RW 03/05  Kel. Penggilingan, Kec. Cakung, jakarta Timur                                                                
Telepon
( 021 )  91309702
Email
Web
  www.mutiaraqolbuindonesiafoundation.blogspot.com


                                       
IV.        VISI,  MISI,  MOTTO


V I S I

Membangun generasi berkarakter kuat bermartabat, mandiri ,bertanggungjawab dan mempunyai kesadaran yang tinggi terhadap agama, bangsa dan negara.



M I S I

Mewujudkan kemandirian diseluruh aspek kehidupan sebagai karya  nyata    dalam keikutsertaan serta partisipasi   untuk mensejahterakan bangsa secara     merata dan berkeadilan dengan IPTEK  dan  IMTAQ



M O T T O

Bekerja dan berkarya sebagai wujud    pengabdian bagi Bangsa dan Negara dengan izin Allah SWT.


                   




V.        STRUKTUR ORGANISASI

DEWAN PEMBINA


  • Sanusi Bin Mattusin, SE
  • Abidin, S.Pd.I


PENGURUS

Ketua Umum               :  Wardoyo, S.Pd.I
 Ketua                          :  Iskandar, S.Pd.I
 Sekretaris Umum       :  Witono
 Sekretaris                   :  Ahmad Maulana, S.Pd.I
 Bendahara Umum      :  Sabi Sabililah
 Bendahara                  :  Amiruddin Muthi


DEWAN PENGAWAS

·         Fahmi Nahsir.
·         Abdul Syukur.
·         Ngadisan


VI.        PROGRAM KERJA UMUM
1.    Bidang  Sosial

a)     Lembaga Pendidikan Formal dan non formal,mendirikan, menyelenggarakan balai pendidikan, pelatihan dan keterampilan.
v  Mendirikan sarana Pendidikan ( TPA/TK ).
v  Menyelenggarakan PKBM ( Kejar paket A.B.C )
v  Bimbingan Kelompok Belajar Usaha ( Kursus Ketrampilan)
b)     Pengembangan budaya kreatif, pelestarian dan pengembangan seni budaya.
c)      Panti Asuhan, Panti Jompo, Panti Wreda.
d)     Mendirikan Poliklinik 24 Jam, Laboratorium Kesehatan, Pengobatan Gratis.
e)     Mendirikan pusat kegiatan Olah Raga ( Sport Center ).
f)       Menyelenggarakan santunan rutin kepada yatim dan dhu`afa
2. Bidang  Kemanusiaan
a)     Memberikan bantuan kepada anak Yatim Piatu dan kaum Dua'fa.
b)     Memberikan bantuan kepada Fakir miskin dan anak terlantar.
c)      Mendirikan rumah singgah dan rumah duka.
d)     Memberikan konsultasi dan bantuan hukum.
e)     Ikut berperan serta melestarikan Lingkungan Hidup.

3.  Bidang  Keagamaan
a)     Mengadakan sarana – sarana ibadah
b)     Menerima dan menyalurkan Amal,Zakat,Infaq dan Sodaqoh
c)      Melaksanakan Syiar Keagamaan
d)     Melakukan Study Banding.
e)     Meningkatkan pemahaman beragama.
f)       Menyelenggarakan majlis Ta`lim dan Taman Pendidikan Al-qur`an.


VI.        NOMOR REKENING YAYASAN

v  BANK BRI  Unit KALIMALANG
No : 0929-01-017414-53-3
a/n Yayasan Mutiara Qolbu Indonesia.

v  BANK MANDIRI KCP KALIMALANG
No : 166.00.0123918.5
a/n Yayasan Mutiara Qolbu Indonesia.

VII.        P E N U T U P
Demikian proposal ini kami ajukan kepada Bapak/Ibu untuk dapat berpartisipasi dengan usaha sosial yang kami laksanakan ini, sehingga terciptalah masyarakat Indonesia yang berkualitas, yang maju berkembang secara mandiri dengan keahlian dan ketrampilan yang di milikinya.


Terimakasih  atas kesediaan Bapak/Ibu Untuk  menyisihkan   sebagian    hartanya   untuk   kepeduliannya membantu kegiatan sosial/pendidikan, kemanusiaan dan keagamaan yang kami lakukan ini.
Semoga apa saja yang Bapak/Ibu berikan dalam bentuk materi atau non materi akan diridhoi oleh  Tuhan Yang Maha Esa dan semoga Amal Ibadah kita diterima- Nya Amin.

Jakarta, 21 Desember 2014
STRUKTUR
STRUKTUR BAGAN ORGANISASI

Hormat kami,

PENGURUS  YAYASAN MUTIARA QOLBU INDONESIA




Iskandar, S.Pd.I                                    
           Ketua                     
                                
 


4 komentar :

  1. maju terus Mutiara Qolbu, lahirkan mutiara-mutiara di negeri ini...

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum Pak Is, ini Ovi rencananya akan ada acara santunan yah tanggal 5 April nanti,

    BalasHapus
  4. mohon info Risnawati apakah termasuk anggota didalam yayasan mohon balas via email kholil.kamal87@gmail.com

    BalasHapus